Jumat, 21 November 2008

SENTUHAN-NYA

Bacaan: Lukas 7:11-17

Sambil menghampiri usungan itu Ia menyentuhnya, dan sedang para pengusung berhenti, Ia berkata: "Hai anak muda, Aku berkata kepadamu, bangkitlah! - Lukas 7:14

Jurnal Pediatrics yang diterbitkan oleh Boston Medical Centre, Amerika, memberikan hasil penelitian yang cukup mencengangkan. Bayi yang akan menjalani tes darah selama 15 menit bila disentuh oleh ibunya akan merasa berkurang sakitnya hingga mencapai 80%. Sentuhan itu terbukti meringankan sakit pada bayi mulai dari rasa nyeri, pengukuran detak jantung hingga tangisan si bayi yang menunjukkan bahwa bayi yang disentuh ibunya akan berkurang rasa nyerinya dan sedikit menangis dibandingkan dengan bayi yang ditinggalkan begitu saja menjelang pemeriksaan oleh ibunya.

Tak bisa disangkal bahwa hidup yang kita jalani penuh dengan lika-liku, sarat dengan penderitaan, tekanan hidup dan hal-hal yang menyesakkan kita. Meski demikian kita tidak perlu kuatir sebab Tuhan akan selalu memberikan kepada kita kekuatan, penghiburan, keberanian bahkan kesanggupan untuk cakap menanggung segala perkara melalui sentuhan-Nya yang lembut. Jika hari ini kaki kita masih tegak berdiri, itu karena kuasa sentuhan Tuhan dalam hidup kita, bahkan setiap hari Dia selalu mengawali hari-hari kita dengan sentuhan-Nya yang penuh dengan kasih.

Kita menerima sentuhan Tuhan, untuk itu kita tidak boleh egois, sebaliknya kita juga harus mau menjadi sarana kepanjangan tangan Tuhan untuk memberikan sentuhan ilahi kepada mereka. Lihatlah di sekeliling kita, maka kita juga akan menjumpai begitu banyak orang yang hidup dalam penderitaan dan pergumulan hidup yang berat. Dengan sentuhan yang didasari dengan kasih, percayalah bahwa itu akan memberikan dampak yang sangat positif untuk meringankan beban dan penderitaan sesama kita. Kita bisa membangkitkan semangat mereka yang telah hilang. Memberikan penghiburan bagi yang terluka. Memberkati mereka yang kekurangan. Menjadi saluran kasih Allah bagi mereka yang memerlukannya. Milikilah komitmen untuk memberikan sentuhan kepada sesama kita, melalui kata-kata kita, sikap kita dan tindakan kita. Hari ini mari kita memberikan sentuhan dengan kasih bagi orang orang yang membutuhkan kasih Tuhan.

Sebuah sentuhan yang didasari kasih akan meringankan penderitaan sesama.

Tidak ada komentar: