Rabu, 12 November 2008

KESABARAN

Bacaan: Amsal 14:16-18

Siapa lekas naik darah, berlaku bodoh, tetapi orang yang bijaksana, bersabar.- Amsal 14:17

Suatu kali tim basket AS, Indiana Pacers melakukan pertandingan melawan tim tuan rumah di Detroit. Ketika pertandingan sedang berlangsung seru, tiba-tiba penonton tuan rumah melempari para pemain Pacers dengan botol-botol bekas minuman. Para pemain Pacers terpancing emosinya dan keluar lapangan. Pemain-pemain Pacers kemudian memukul penonton yang diduga melempar botol itu. Terjadilah baku hantam antara pemain dan penonton. Akibatnya 7 pemain Pacers diskors dalam 7 laga berikutnya. Pacers mengalami kekalahan beruntun akibat kehilangan pemain-pemain yang tidak bisa mengendalikan amarahnya. *

Kesabaran adalah salah satu pengendalian diri yang mutlak untuk dimiliki setiap orang. Tanpa kesabaran, seseorang akan menghadapi banyak masalah. Ester adalah sosok perempuan yang cukup sabar dengan ulah Haman yang ingin membunuh seluruh bangsa Ester. Melihat rencana busuk Haman, Ester tidak segera melapor pada Raja Ahasyweros, ia bersabar dan menunggu waktu yang tepat, hingga akhirnya Ester berhasil menyelamatkan bangsa Israel dari ancaman.

Kerap kali masalah yang kita hadapi membuat kita gegabah dalam mengambil keputusan. Sudah bisa ditebak, pada akhirnya kita menyesali keputusan yang telah kita ambil. Barangkali ini waktu yang tepat untuk mengkoreksi kesabaran yang kita miliki. Seberapa sabar kita ketika melihat orang yang pernah menyakiti kita kembali melakukan perbuatan yang sama? Seberapa sabar kita ketika keadilan yang seharusnya kita terima diselewengkan begitu saja? Seberapa sabar kita ketika banyak kalimat berisi gosip dan fitnah mengarah pada kita? Ingatlah bahwa kesabaran itu juga yang pada akhirnya akan menyelamatkan hidup kita. Sebaliknya, jika tidak sabar maka kita pun tanpa sadar mengambil keputusan-keputusan bodoh yang akhirnya menghancurkan diri kita sendiri. Kesabaran bukanlah sifat pembawaan, kesabaran adalah sebuah keputusan. Pastikan hari ini kita mau hidup dalam kesabaran.

Kesabaran bukanlah sifat pembawaan, kesabaran adalah sebuah keputusan.


(Dioni * Kisah Inspirasional)

Tidak ada komentar: